Tugas 1 Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

 Tugas I Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

Nama        : Yosua Hadiyanto
NPM         : 16217310
Kelas         : 4EA09


Tugas Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

Pengaruh yang Mempersatukan dan Membedakan Serta Peluang dan Tantangan Mcdonald's di Pasar Global



 

Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap situasi ada aspek yang unik maupun yang serupa. Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.

Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hasilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau terlalu berbeda.

Seperti kita ketahui, McDonald’s adalah perusahaan makanan cepat saji yang menyajikan hidangan makanan ayam cepat saji. Pada awalnya Restoran ini didirikan oleh Richard & Maurice McDonald’s pada tahun 1937 di sebelah timur kota Pasadena. McDonald’s saat itu hanya berupa restoran Drive In yang pada waktu itu sedang berkembang pesat trend Drive In.

Namun saat ini McDonald’s menjadi perusahaan makanan cepat saji internasional yang beroperasi di berbagai negara dunia. Untuk mencapai kesuksesan ekspansi yang besar, McDonald’s telah melewati berbagai tantangan dan mencapai berbagai peluang yang ada.

Sebelum melakukan ekspansi, McDonald’s pastinya telah melakukan riset untuk mencari pangsa pasar yang tepat di pasar global. Dari berbagai riset pemasaran yang dilakukan untuk mencari peluang dan tantangan McDonald’s menemukan 2 hal penting yang memiliki pengaruh yang mempersatukan dan pengaruh yang membedakan.

Dalam melakukan ekspansi, McDonald’s memahami bahwa sajian makanan yang mereka hidangkan digemari semua orang, yang berarti makanan yang McDonald’s jual memiliki pengaruh yang mempersatukan pasar, dan dapat diyakini bahwa produk yang mereka jual mampu diterima oleh masyarakat internasional.

Tetapi ketika diperdalam lagi mengenai rasa dari suatu makanan merupakan nilai utama yang harus diperhatikan dalam usaha makanan. Sehingga McDonald’s menyadari bahwa setiap negara dan masyarakatnya memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda mengenai cita rasa masakan yang cocok di lidah mereka. Dan hal ini bisa disimpulkan sebagai pengaruh yang membedakan pasar satu dengan yang lainnya.

Menyadari hal tersebut, McDonald’s memahami bahwa 2 hal tersebut mampu menjadi peluang dan tantangan yang harus dicapai dan dihadapi demi mencapai kesuksesan ekspansi skala internasional. Dan untuk mengatasi hal tersebut, McDonald’s melakukan penyesuaian cita rasa ayam terhadap cita rasa masakan di negara tempat McDonald’s berekspansi. Bila kita menikmati varian menu McDonald’s di Indonesia dengan McDonald’s di negara-negara eropa kita dapat menemukan perbedaan rasa dari produk yang ditawarkan, hal ini terjadi karena penyesuaian cita rasa yang dilakukan McDonald’s di setiap negara agar produk yang mereka tawarkan digemari oleh semua masyarakat dunia.

Di Indonesia, McDonald’s pun melakukan penambahan menu-menu makanan tradisional pada saat hari-hari raya tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

Tugas 5 Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INGGRIS II