Tugas 7 Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0
Tugas VII Softskill Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4.0

Tipe Pengawasan Pemasaran
- Pengawasan Strategis
Merupakan tipe pengawasan Pemasaran yang dibawahi oleh Manajemen puncak dan auditor bagian Pemasaran, yang bertujuan untuk memeriksa apakah perusahaan telah mengejar kesempatan-kesempatan yang terbaik sehubungan dengan pasar, produk, dan jalur-jalur, pemassaran.
Pengawasan strategis dilakukan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut :
- Instrument pembuat perinkat untuk mengukur efektivitas Pemasaran
- Audit dalam Pemasaran
- Tinjauan atas kesuksesan Pemasaran
- Tinjauan atas segi etika dan tanggung jawab sosial perusahaan
- Rencana Pengawasan Tahunan
Merupakan tipe pengawasan Pemasaran yang dibawahi langsung oleh Manajemen puncak dan Manajemen menengah untuk memeriksa apakah hasil yang direncanakan telah tercapai.
Tipe pengawasan Pemasaran ini diterapkan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut :
- Analisis penjualan
- Analisis pangsa pasar
- Rasio penjualan terhadap biaya
- Pengawasan Efisiensi
Merupakan tipe pengawasan yang dibawahi oleh manajer dan staff marketing controller untuk mengevaluasi dan meningkatkan efisiensi pengeluaran dan pengaruh dari biaya-biaya Pemasaran.
Efisiensi diterapkan pada :
- Tenaga Penjualan
- Periklanan
- Promosi Penjualan
- Distribusi
- Pengawassan Profitabilitas
Merupakan tipe pengawasan Pemasaran yang dibawahi oleh marketing controller untuk memeriksa apakah perusahaan menghasilkan keuntungan atau kerugian.
Keuntungan/Profitabilitas yang diperhatikan berdasarkan pada :
- Produk
- Daerah Pemasaran
- Pelanggan
- Segmen
- Jalur-jalur perdagangan
- Jumlah pesanan
Sumber :
Kotler, Philip. 2003.MARKETING INSIGHTS FROM A TO Z 80 Concepts Every Manager Needs To Know by Philip Kotler. Jakarta: Erlangga.
Komentar
Posting Komentar